Live World Indices are powered by Investing.com

17 Januari 2017

Bank Umum Akan Berkurang 5 Tahun Ini

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat ada lima bank umum yang akan melakukan konsolidasi tahun ini. Konsolidasi lima bank umum salah satunya dilakukan dengan penggabungan antara dua bank menjadi satu alias merger hingga konsolidasi lainnya agar bisnis bank tetap berjalan.

"Tahun ini saya kira konsolidasi berjalan lanjut ya. Mudah-mudahan tahun ini jumlah bank akan berkurang lima lah karena dampak dari konsolidasi, akan ada merger dan lain sebagainya," tutur Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman dalam Pertemuan Tahunan Pelaku Industri Jasa Keuangan di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Jumat malam (13/1/2017).



Konsolidasi terhadap 5 bank umum tahun ini, lanjut Muliaman, sesuai dengan arahan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di mana kondisi perbankan tidak harus banyak. Namun yang terpenting perbankan yang ada memiliki kondisi permodalan yang sehat.

"Tadi seperti pesan Pak JK yang penting sehat. Banyak juga salah kalau pada enggak sehat," kata Muliaman.

Muliaman menambahkan, ada tiga pilar utama yang harus dimiliki oleh perbankan, mulai dari membuka akses keuangan kepada masyarakat, memiliki permodalan yang sehat, hingga mampu memberikan kontribusi terhadap ekonomi.

Disinggung mengenai bank apa saja yang akan dilakukan konsolidasi tahun ini, Muliaman enggan menjelaskannya secara detail. Ia hanya mengatakan kelima bank tersebut adalah bank umum.

"Nanti saja, tapi bank umum," tutup Muliaman. (mkj/mkj)

Sumber: https://finance.detik.com/moneter/3395960/ojk-bank-umum-akan-berkurang-5-tahun-ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar